Langkah baru ditegaskan Pemkot Palopo. Melalui layanan Oke Sappo , suara warga kini punya jembatan langsung ke pemerintah. Aspirasi, masukan, dan keluhan bisa mengalir tanpa sekat.
Pemerintah Kota Palopo di bawah kepemimpinan Wali Kota Hj Naili Trisal dan Wakil Wali Kota Akhmad Syarifuddin meluncurkan layanan Oke Sappo (Saluran Aspirasi Pengaduan Palopo). Layanan ini menjadi jembatan baru bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, keluhan, maupun saran langsung kepada pemerintah.
Dengan hadirnya Oke Sappo , Pemkot Palopo memastikan pelayanan publik makin terbuka dan responsif. Masyarakat kini tak perlu bingung mencari jalur pengaduan, cukup melalui layanan ini setiap suara akan didengar dan ditindaklanjuti.
Wali Kota Hj Naili Trisal menegaskan, Oke Sappo bukan sekadar kanal pengaduan, melainkan ruang interaktif yang menghubungkan pemerintah dengan warga. “Kami ingin Palopo semakin transparan, terbuka, dan cepat merespons kebutuhan warga,” ucapnya penuh semangat dan optimisme, kepada Palopo Pos, Rabu 3 September 2025.
Sementara Wakil Wali Kota Akhmad Syarifuddin menambahkan, kehadiran Oke Sappo mempertegas komitmen Pemkot Palopo menghadirkan pemerintahan yang dekat dan hadir di tengah masyarakat.
Masyarakat bisa mengakses layanan ini dengan mudah, baik untuk menyampaikan kritik membangun, keluhan layanan, maupun ide-ide segar demi kemajuan Kota Palopo.
Bagaimana cara menyampaikan aspirasi melalui layanan Oke Sappo ? Kalau ada pengaduan bisa sampaikan melalui sejumlah kanal yang disiapkan Pemkot Palopo. Bisa melalui WhatsApp dengan nomor 0851 6547 8686. Kemudian melalui kanal platform media sosial facebook, tiktok, dan IG Pemkot_Palopo.
Adapun alur aspirasi dan pengaduan Oke Sappo dari masyarakat, ditambahkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Palopo, Hamshir Hamid, masyarakat mengirimkan aspirasi melalui platform yang telah disediakan, kemudian admin Oke Sappo menerima aspirasi dari masyarakat Kota Palopo, kemudian admin memeriksa kelengkapan data dan pemohon (nama, lokasi kejadian detail), uraian pengaduan, bukti foto/video dan registrasi laporan.
Selanjutnya, admin Oke Sappo menyampaikan aspirasi dari masyarakat ke Perangkat Daerah (PD) terkait untuk ditindaklanjuti. Tak sampai disitu kemudian masuk tindaklanjut laporan. Admin Oke Sappo menerima jawaban dan meneruskan jawaban aspirasi kepada pemohon. Setelah menindaklanjuti aspirasi yang masuk admin Oke Sappo menyampaikan jawaban pemohon. “Begitulah alur aspirasi dan pengaduan Oke Sappo . Jadi silakan dimanfaatkan,” imbuh kadis Kominfo Kota Palopo penuh ceria dan semangat.
GRAFIS ALUR PENGADUAN “OKE SAPPO”
-Masyarakat buka WA, flatform tiktok, Facebook, IG Pemkot Palopo yang disediakan, lalu kirim aspirasi
-Admin “OKE SAPPO” menerima aspirasi dari masyarakat
-Admin periksa kelengkapan dan registrasi laporan
-Admin menyampaikan aspirasi ke PD terkait untuk ditindaklanjuti
-Admin menerima jawaban dan meneruskan jawaban aspirasi kepada pemohon
-setelah menindaklanjuti aspirasi yang masuk, admin menyampaikan jawaban ke pemohon